Mengurai benang-benang kusut impian di masa depan



"Harus dimulai sekarang juga" Begitu setidaknya orang bijak berpetuah, tentang segala hal yang berkaiatan dengan kemajuan manusia menjalani hidupnya. Melakukan suatu hal merupakan sebuah tindakan atau usaha demi mencapai sebuah keinginan. Simulasi tersebut merupakan sebuah hukum alam dalam tataran teori sebab akibat yang tak bisa diganggu gugat. Jika seseorang menginginkan sesuatu tentunya harus ada usaha yang dilakukan.

Memang dalam tataran teori semua mudah saja terencana tetapi impian yang didambakan kadang menemui kendala dalam pelaksanaannya. Tentunya secara garis besar tataran pelaksanaan merupakan hal yang lebih sulit direalisasikan ketimbang dalam teori perencanaannya. Karena apa? tentu karena energi yang dibutuhkan akan berlipat. Energi yang dimaksud di sini tidak lain adalah hal yang bisa menjadi bahan bakar dalam mendukung tercapainya sebuah impian dan tujuan. Seperti kondisi fisik dan mental yang prima, materi yang cukup, kondisi lingkungan yang memungkinkan, sejumlah aturan (rule of the game) dan lain-lain.

Banyak faktor yang mendukung tercapainya sebuah tujuan namun semua itu pun tidak semudah membalikan telapak tangan. Ya, perlu usaha yang lebih ekstra. Namun jangan pantang surut untuk melangkah dalam berusaha karena biar bagaimanapun apapun usaha yang kita tanam pasti akan menuai hasil, kuncinya hanya satu ketekunan dan keyakinan. Sedikit coba kita renungkan tentang apa sebenarnya makna berusaha. Banyak orang bilang berusaha adalah cara kerja seseorang untuk menjadikan dirinya berkecukupan atau kaya. Bagaimana, anda setuju?. Ya tidak sepenuhnya salah dan ada benarnya juga. Tapi jika kita beranggapan sama demikian berarti kita termasuk salah seorang penonton yang hanya bisa menonton seseorang yang sedang berusaha menjadi seorang yang kaya. Kenapa demikian? karena jika kita tahu makna kaya yang sesungguhnya kita tidak akan terjebak dalam pandangan sempit tentang nilai kekayaan. Seorang yang bukan penonton tentu saja adalah pemain, pemain disini dalam arti adalah orang yang benar-benar melakukan usahanya dengan tekun dan sungguh-sungguh. Para usahawan sejati akan selalu berjibaku dalam tataran relistis pelaksanaan. Dan terjung langsung dalam usaha yang digeluti sehingga mereka akan menilai usaha itu punya konteks yang lebih luas bukan hanya tujuan utama menjadi seorang kaya secara materi. Tetapi kaya juga harus mencakup 3 hal yakni kaya akal, kaya hati dan kaya materi. Ini semua sudah mencakup secara keseluruhan. Akal yang mencetuskan ide brilian dan jenius, hati yang menjaga agar tetap lurus dan terkendali, materi yang menjadi bahan bakar usaha secra kontinyu. Dan tiga faktor tersebut akan menjadi formula yang indah dalam mengurai benang-benang kusut dalam berusaha.

Category:

Tidak ada komentar:

Bajajcopter

Bajajcopter
Kendaraan anti macet

wallpaper Islam

wallpaper Islam
syahadat

Contact

email: ferdigi@yahoo.com
facebook: ferdigi@yahoo.com